Monday 27 April 2015

Tempat Wisata di Aceh, Pulau Sumatera

Siapa yang tidak tau tentang Aceh, provinsi Nangro Aceh Darussalam ini dulunya sempat mengalami tragedi Tsunami. banyak korban yang berjatuhan kala itu, bantuan pun datang bukan hanya dari dalam negeri tapi pihak dari luar negeri pun
turun datang memberikan bantuan mulai dari bahan pangan, hingga pada pembangunan. Dibalik cerita itu ternyata Aceh juga memiliki tempat wisata seru dan luarbiasa, bahkan sayang sekali jika tidak mengujunginya. Ada beberapa tempat yang wajib didatangi jika hendak wisata ke Aceh.


1. Pantai Lampuuk
pantai ini berada tak jauh dari ibukota Nangroe Aceh Darussalam yaitu Banda Aceh, tepatnya di Aceh Besar yang berjarak hanya 45 menit perjalanan. Disana kita bisa menikmati berbagai hiburan yang disuguhkan disana, mulai dari banana boat hingga berselancar. Pemandangan indah dikala sunset pun tak bisa dibiarkan berlalu begitu saja. Pantai ini juga banyak dikunjungi mulai dari wisatawan lokal, luar kota bahkan manca negara terlebih-lebih jika musim liburan.


2. Museum Tsunami Aceh.
Museum ini dibangun untuk memperingati peristiwa Tsunami yang terjadi di Aceh pada Tahun 2004. Desain lorong didalam bangunan juga dibuat sedemikian rupa untuk menciptakan kembali bagaimana suasana dan kepanikan saat Tsunami terjadi saat itu. didalam salah satu ruangan terdapat dinding yang brisikan nama-nama korban Tsunami yang selamat.


3. Pulau Weh
Pulai ini juga wajib dikunjungi oleh para wisatawan, selain suasana alam nya yang masih asri dan alami, kita juga bisa berselancar bahkan diving untuk melihat keindahan bawah lautnya yang tidak kalah menarik dibandingkan tempat diving lainnya.


4. Benteng Indra Patra Aceh
Benteng ini merupakan benteng peninggalan kerajaan Hindu pertama di Aceh dan merupakan bukti akan eksistensi bahwa Kerajaan Hindu sempat bernaung disini. Benteng ini merupakan salah satu situs cagar budaya yang ditetapkan di Aceh.


5. Gunung Burni Telong
Yap!!! Bagi kamu pecinta alam dan seorang pendaki sejati, tidak salah jika kamu menjajal untuk menaklukkan gunung ini. Gunung ini merupakan gunung api aktif. Gunung Gurni telong ini terletak di Tanah Gayo atau tepatnya berada dikawasan Lampahan Kecamatan Timah Gajah Kabupaten Bener Meriah.


6. Mesjid Agung Baiturrahman
Rasanya tidak afdol kalau tidak berkunjung ke Mesjid ini. Mesjid ini merupakan tempat mengungsinya masyarakat saat tragedi Tsunami terjadi Tahun 2004 silam. Dibelakang Mesjid juga terdapat pasar untuk membeli barang-barang yang menarik dan bisa dijadikan buah tangan.


7. Iboih
"Dari Sabang sampai merauke", itulah sepenggal lirik lagu wajib Indonesia. Pantai Iboih terletak di Sabang, daerah yang pastinya juga sudah melekat di benak kita dari kecil. Pantai Iboih ini tepatnya berada di Pulau Rubiah, dimana kita bisa menikmati keindahan pantainya, snorkling dan diving. Jernihnya air dipantai ini juga membuat kita mampu melihat hingga kedasarnya, ikan-ikan yang berenang pun tak bisa menghindar dari pandangan mata.

No comments:

Post a Comment