Monday 27 April 2015

Menjaga Kesehatan Saat Masa Kehamilan


Kehamilan merupakan suatu anugerah dari Sang Pencipta kepada seorang wanita. Saat anugerah itu datang maka wanita pun harus siap dan menjaga anugerah tersebut dengan baik. Disini gue akan mengulas bagaimana menjaga kesehatan pada masa kehamilan hingga proses persalinannya.
Namun ini hanya referensi saja, bukan merupakan acuan utama, konsultasi kedokter kandungan itu lebih baik dan juga berkonsultasi dengan orang terdekat yang lebih dahulu mengalaminya juga tidak ada salahnya.

Untuk masa kehamilan trimester pertama Ibu hamil di wajibkan untuk menjaga asupan makanan, gunanya untuk menghindari resiko janin cacat lahir. Usahakan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400mg perhari. Perlu diketahui bahwa Perut yang kosong akan memperparah rasa mual, untuk itu makanlah sedikit demi sedikit untuk mengurangi rasa mual tersebut pada awal masa kehamilan. Hindari makanan yang banyak mengandung vitamin A dan perbanyak makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia. Pola tidur juga harus dijaga, yang dulunya bekerja sampai larut malam atau kebiasaan tidur larut malam sebaiknya dirubah karena ini untuk menjaga stamina anda dalam masa awal kehamilan. Untuk wanita yang perokok dan sering mengkonsumsi alkohol sebaiknya dihentikan dulu kebiasaan tersebut, karena akan beresiko kepada janin anda sendiri.


Memasuki masa Trimester kedua ini, Ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak olahraga dan juga senam ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk menjaga otot dasar panggul biar lebih kuat, meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat, serta memperlancar sistem peredaran darah dan melatih pernapasan.




Saat trimester terakhir, usahakan untuk menjaga kestabilan emosi, lakukanlah persiapan untuk menyambut sang bayi dengan membeli perlengkapan bayi. Melakukan hubungan seks juga sangat dianjurkan pada masa ini, hal ini bertujuan untuk menghilangkan stress, memperlancar peredaran darah, membakar lemak dan juga membantu melepaskan ketegangan fisik dan mental yang timbul karena kehamilan.


No comments:

Post a Comment