Friday 24 April 2015

Manfaat Daun Sirsak

Tanaman sirsak dengan nama latin Annona Muricata L yang juga sering disebut nangka belanda atau durian belanda oleh masyarakat indonesia ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia. Adanya kata belanda dibelakang nama tanaman ini menunjukkan bahwa tanaman ini dibawa oleh Pemerintah Kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara pada masa penjajahan di abad ke 19. Tumbuhan ini mampu hidup disembarang tempat, dan lebih cocok ditanam di daerah yang berair atau basah karena ini mempengaruhi rasa dan kandungan air pada buah sirsak tersebut.


Dahulu tanaman ini hanya dimanfaatkan buahnya saja, namun semakin kedepan dan seiring perkembangan zaman yang semakin canggih dengan melalui berbagai penelitian diberbagai negara dibelahan bumi ini ternyata daun dari tanaman ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Kandungan yang terdapat pada daun sirsak ini juga bisa mengobati berbagai macam penyakit yang diderita oleh tubuh manusia. Berikut ini adalah berbagai manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh manusia.

Mengobati Kanker
Melalui berbagai penelitian yang dilakukan diberbagai negara ditemukan bahwa kandungan yang terdapat pada daun sirsak mampu membunuh sel-sel kanker dan tidak membahayakan sel yang sehat. Kelebihannya juga tidak menyebabkan kerontokan pada rambut, rasa mual kehilangan berat badan dibandingkan melakukan kemoterapi. Cara penggunaannya ambil 10 lembar daun sirsak dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas, biarkan mendidih dan hingga tersisa satu gelas. Kemudian saring dan dinginkan air rebusan tersebut lalu dinginkan. Minumlah ramuan ini pada setiap pagi hari selama 3-4minggu untuk melihat perubahan yang terjadi pada kondisi tubuh anda.

Mengatasi Rematik
Untuk penyakit ini biasanya lebih banyak terjadi pada orang tua umumnya wanita. Penyakit ini merupakan penyakit peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun dimana autoimun melakukan kekeliruan menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri yang seharusnya berfungsi sebagai pertahanan terhadap virus, bakteri dan jamur. Cara untuk mengatasinya adalah ambil daun sirsak secukupnya, haluskan dan oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik secara teratur, diamkan beberapa menit sampai daun mengering. Lakukan hal tersebut sehari dua kali.

Mengobati Asam Urat
Asam urat merupakan penyakit yang dialami orang yang sudah berumur 40 tahun, namun hal ini bukan tidak mungkin terjadi pada orang yang berusia 25 tahun. Penyebab terjadinya asam urat ialah faktor gen, Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme, ginjal yang bermasalah dan pola makan yang buruk atau tidak sehat. Untuk mengatasi penyakit tersebut rebuslah 6 hingga 10 lembar daun sirsak yang sudah tua namun masih hijau dan telah dicuci kedalam 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas saja, saring dan minumlah ramuan tersebut dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Sakit Pinggang
Penyakit ini sering sekali dialami oleh banyak orang. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh beratnya beban pekerjaan yang harus dipikul oleh tulang, sendi dan otot sekitar pinggang. Untuk mengobatinya ambil 20 lembar daun sirsak kemudian rebus dengan 5 gelas air, biarkan mendidih dan berkurang hingga menjadi kira-kira 3 gelas. Saring dan minumlah sebanyak tiga perempat gelas satu kali sehari.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan stroke. Karena itu, ambillah 10 lembar daun sirsak, 2-3siung bawang putih yang kemudian diiris tipis, rebus dengan 3 gelas air (600c). Didihkan hingga tersisa 1 gelas(200cc). Saring dan minumlah 2 kali sehari sebanyak satu gelas.

Sebelum penyakit menggerogoti tubuh kita, ada baiknya kita mengubah pola hidup yang buruk menjadi pola hidup sehat dan rutinlah berolahraga. mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan juga baik untuk tubuh. apabila ada yang perlu ditambahkan atau diperbaiki mohon untuk dikonfirmasikan agar artikel ini menjadi lebih baik lagi.


No comments:

Post a Comment