Sunday 26 April 2015

Pria Yang Ingin Mengontrol Cuaca Dengan Laser

Seorang Fisikawan Jean-Pierre Wolf menggunakan sinar Laser untuk mempengaruhi cuaca dan mengatakan bahwa itu adalah versi yang lebih bersih daripada penyemaian awan dengan memodifikasi cuaca yang
telah digunakan selama beberapa tahun-yang paling terkenal di China dalam persiapan Olimpiade 2008 dengan meluncurkan roket keawan untuk mencegah hujan selama upacara pembukaan.

Sulit dikatakan seberapa efektif penyemaian awan seperti itu apalagi dengan menaburkan bahan kimia ke atmosfir. Oleh karena itu laser adalah alternatif untuk penyemaian awan.
Bagaimana laser dapat mempengaruhi cuaca? seperti penyemaian awan, laser mampu membentuk awan baru dimana sebelumnya tidak ada dengan menginduksi kondensasi alaminya mengkondensasai uap air menjadi tetesan, hingga membentuk kristal es, dan meniru proses alami yang menciptakan awan.
dengan cara itu hujan bisa di picu untuk "Tiada" di atmosfir dan akhirnya meningkatkan cuaca panas. "Kami melakukannya pada skala Laboratorium, kami sudah dapat membuat awat, tapi tidak pada skala makroskopik sehingga anda tidak melihat awan besar yang keluar karna laser tidak cukup kuat dan banyak parameter teknis yang belum bisa kami kontrol" Ujar Prof. Wolf.

Ternyata laser bukan hanya bisa memicu awan, Laser juga bisa memicu terjadinya petir. Mengontrol petir pada daerah yang diinginkan akan membantu mengurangi biaya kerusakan dan korban jiwa  yang diakibatkan oleh petir.

Prof. Wolf menganggap laser dapat digunakan untuk "memperbaiki cuaca", mengurangi terjadinya badai, badai petir, banjir dan kekeringan. Ternyata laser tersebut tidak hanya digunakan untuk mengontrol awan, lebih dari itu lasernya juga berpotensi dibidang biomedis. Dengan hanya mengubah warna laser tersebut maka ia bisa mengidentifikasi dan membunuh sel kanker dengan sedikit atau jaminan tidak ada kerusakan. " setiap kali anda berfikir anda telah melakukan semua yang anda bisa dengan laser, sesuatu yang baru muncul. Ini cukup menakjubkan". Weleeehhh,,, gele bener ternyata cuaca akhirnya bisa dikontrol sesuai keinginan dengan menggunakan laser. Sungguh penemuan yang luar biasa, namun jika ketamakan yang muncul mengambil alih, maka akibatnya bisa jadi kerusakan pada bumi. Semoga dapat diaplikasikan dengan bijaksana ya Prof. Wolf.

No comments:

Post a Comment