Tuesday 28 April 2015

Bahaya Tidur Mendengkur atau Mengorok

Pernah gak sih kalian tidur bersebelahan dengan salah satu anggota keluarga ataupun teman dan tiba-tiba doi ngorok atau mendengkur??? udah gitu suaranya kenceng banget kayak ada motor digeber pas disamping telinga kamu!
Hal seperti itu pastinya sangat mengganggu istirahat kamu tentunya dan paginya kamu bangun tidur ga fresh lagi akibat kurang tidur hanya karna suara ngorok atau mendengkur dia. STOP!!! Jangan biarkan hal itu terjadi terus-menerus. Hal ini harus segera dihentikan.

Sebelum menghentikan Ngorok/mendengkur terlebih dahulu kita harus tau kenapa dia bisa mendengkur? Mendengkur itu sebenarnya terjadi karena terganggunya saluran nafas ketika otot leher saat rileks dan menghalangi aliran udara dari hidung dan tenggorokan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang tidur ngorok atau mendengkur, yaitu:
1. Berat badan yang bertambah
Hal ini bisa saja terjadi karena banyaknya timbunan lemak ditubuh dan pastinya juga bagian leher.

2. Bertambahnya usia
Nah, ternyata semakin tua usia seseorang bisa juga menyebabkan tidur ngorok atau mendengkur. Faktor utamanya adalah berkurangnya kelenturan otot-otot dalam saluran aliran udara bagian atas. Yang paling riskan mengalami hal ini ialah wanita menopouse yang kehilangan hormon progesterone

3. Gangguan hidung
Saat seseorang demam, pilek atau flu, besar kemungkinan doi akan mendengkur atau ngorok saat mulut tertutup dan hidung tersumbat.

4. Tidur terlentang
Posisi tidur yang satu ini juga jangan dianggap sepele. Ketika tubuh orang yang tidur berubah ke posisi miring, maka otot-otot tubuh yang telah rileks tadi akan langsung naik kebagian atas saluran aliran udara.

5. Menggunakan obat penenang
mengkonsumsi obat ini justru akan menekan sistem saraf pusan sehingga otot-otot menjadi lebih kendur dan akhirnya menyebabkan mendengkur atau ngorok

6. Kebiasaan Merokok
Kebiasaan ini menyebabkan peradangan pernafasan dan bisa menimbulkan resiko penyakit jantung. Inilah pemicu yang mendorong seseorang tersebut mendengkur.

7. Gangguan tenggorokan
Gangguan tenggorokan disini maksudnya adalah saat amendel memanjang dan menutupi saluran hidung menuju tenggorokan

8. Alkohol
Mengkonsumsi alkohor justru akan meningkatkan relaksasi pada otot-otot tubuh yang malah mengakibatkan terjadinya suara dengkuran saat doi tidur.

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab mendengkur tersebut, kini kita harus tahu dan wajib tahu bagaimana caranya untuk mengatasi hal tersebut demi kebaikan doi dan tentunya kebaikan kamu sendiri dong.
  1. Jika memang kelebihan berat badan, usahakan menurunkan berat badan ke berat yang ideal 
  2. Ubahlah pola hidup anda menjadi pola hidup yang teratur 
  3. Sebaiknya tidur menyamping 
  4. Aturlah posisi kepala lebih tinggi dari badan, biasakan menggunakan bantal 
  5. Hindari mengkonsumsi kafein dan makanan berat sebelum tidur 
  6. Berhenti mengkonsumsi rokok dan alkohol, karena bahayanya bukan ngorok saja, tapi juga bisa menjadi lebih parah lagi.

Disamping hal-hal yang telah saya sebutkan diatas tadi, ternyata mendengkur atau ngorok juga memiliki manfaat loh, ini serius! Bukan becandaan. Dari hasil penelitan para Ilmuan di University of California, ternyata mendengkur itu dapat membakar kalori lebih banyak!!! pantesan aja, wong mau napas aja butuh energi yang lebih kok,,,, hahahahaha... sekian dulu dari saya ya. Semoga bermanfaat buat kita seua para blogger dan netter.

No comments:

Post a Comment