Sunday 3 May 2015

Wisata Pulau Samosir, Danau Toba Sumatera Utara

Danau toba merupakan tempat wisata yang paling terkenal hingga keseluruh penjuru dunia. Danau ini menjadi andalan utama sebagai objek wisata Provinsi Sumatera utara. Danau ini sebenarnya merupakan danau vulkanik dengan panjang 100km dan lebarnya 30km. Danau ini diperkirakan terbentuk sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan gunung berapi super (Supervulcano) yang paling baru. Para ahli dari Michigan Technological University memperkirakan total material yang keluar pada saat letusan itu berkisar 2.800km kubik, 2000km kubiknya mengalir diatas tanah dan 800km kubik sebagai abu yang jatuh ke barat. Peristiwa ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup.


Pulau Samosir


Setelah letusan tersebut terbentuklah Kaldera yang akhirnya terisi dengan air dan sekarang disebut dengan Danau toba. Tekanan keatas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya pulau samosir. Namun tentunya masyarakat disekitar danau toba juga punya cerita tersendiri yang tak kalah serunya. Ada baiknya kita mendengarkan langsung dongeng tentang danau toba saat berada disana sehingga sensasi keistimewaannya lebih dapat kita rasakan.



Keindahan danau tersebut tak bisa dipungkiri lagi. Birunya air yang jernih serta perpaduannya dengan Pulau Samosir sungguh menjadikan tempat wisata ini wajib untuk dikunjungi. Hembusan udara yang sejuk dan bersih membawa kita terbuai oleh kelembutannya. Ada satu sensasi yang wajib dirasakan didanau ini. Pada malam hari mulai dari jam 7 malam kita akan merasakan hangatnya suhu udara di sekitar danau ini, namun ketika lewat jam 9 malam maka seketika suhu udara yang hangat itupun berubah menjadi dingin. Saat hujan terjadi didanau toba bukan berarti kita tak bisa menikmati keindahan danau toba. Hujan tersebut termasuk salah satu momen yang wajib kita perhatikan dan abadikan dengan melihat dari kejauhan. Tetesan air hujan yang jatuh didanau dalam jumlah yang sangat banyak, ketika kita lihat dari kejauhan akan membentuk suatu gambaran abstrak yang mengagumkan. Dan menambah nilai lebih pada danau ini.



Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan didanau ini adalah dengan berenang, menaiki perahu wisata, bermain banana boat, jet ski dan lain-lainnya. Perlu diketahui juga bahwa danau toba ini juga memiliki spesies ikan yang paling diandalkan, ikan tersebut biasa disebut warga sekitar dengan nama Dekke Porapora. Ikan tersebut sangat manis rasanya. Cobalah untuk merasakan kenikmatan ikan tersebut.



Lain danau lain pula pulau samosir, di pulau samosir kita disuguhkan dengan berbagai macam pesona alam dan budaya batak yang masih terjaga dengan baik. Disana kita bisa melakukan pendakian gunung, menikmati air terjun, menyaksikan patung sigale-gale yang dapat menari, mengunjungi makam Raja Sidabutar yang telah berusia lebih dari 500 tahun, air terjun, goa, bahkan sejarah suku batak pun bisa kita ketahui di pulau samosir, melihat dan memperhatikan kehidupan masyarakat sekitar dan masih banyak lagi yang lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan dari ketinggian bukit di pulau samosir kita bisa menikmati kembali birunya danau toba yang mempunyai keunikan tersendiri bila dilihat dari atas bukt di pulau samosir.



Sistem pengadilan tradisional pada zaman dulu juga masih bisa kita saksikan dengan mengunjungi daerah Ambarita. Disana terdapat batu persidangan yang telah berusia ratusan tahun serta tempat untuk eksekusi mati tahanan disana. Dipulau ini juga terdapat danau yang wajib untuk dikunjungi seperti Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Danau dengan balutan tumbuhan yang nampak memanjakan mata dan segarnya udara yang menenangkan pikiran.



Disekitar danau toba, tepatnya parapat kita dapat melihat juga salah satu rumah pengasingan Bung Karno bersama dengan beberapa tokoh nasional lainnya. Desain dan struktur bangunannya sungguh seakan membawa kita untuk merasakan nostalgia masalalu. Untuk mendapatkan cinderamata ataupun buah tangan sangatlah mudah didapatkan, karena disana juga terdapat banyak penjual cinderamata yang mampu menarik hasrat anda untuk membelinya, mulai dari pakaian hinga pada patung bisa ditemui disana.



Akses jalan menuju kelokasi danau toba ini dapat ditempuh selama 4 jam perjalanan dari medan dengan menggunakan transportasi bus, sementara untuk menuju ke pulau samosir kita bisa menggunakan kapal yang memiliki jadwal tersendiri untuk menuju ke pulau samosir. Di Pulau Samosir sendiri juga terdapat penyewaan motor untuk kita berkeliling pulau samosir.


No comments:

Post a Comment