Sunday 3 May 2015

Wisata Danau Linting, Sumatera Utara

Danau Linting, sebuah danau yang terletak di daerah Sumatera Utara, danau yang belum diketahui oleh banyak orang selain danau toba yang menjadi ikon andalan Sumatera Utara untuk pariwisata. Terletak ditiga desa yaitu Desa Gunung Manumpak, Desa Sibunga-bunga dan Desa IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang. Danau dengan ciri khas berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau vulkanik sama seperti danau toba. Luas danau ini sekitar 1 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang yang cocok untuk beristirahat seraya memandang keindahan danau untuk melepaskan penat
Danau Linting


Danau Linting ini merupakan sumber air panas dimana rasa belerang masih terasa pada airnya. Suhunya berkisar 30 derajat celcius dan dikelilingi oleh pepohonan besar. Untuk kedalaman danau ini pun masih belum bisa dipastikan. Walaupun anda bisa berenang, sebaiknya jangan berenang hingga ketengah karena sudah ada beberapa insiden orang tenggelam disana dan bila ingin menikmati hangatnya sebaiknya berada ditepian saja.



Sejarah pembentukan Danau ini belum bisa diungkapkan dengan pasti, namun menurut cerita masyarakat setempat dahulunya daerah tersebut hanya berupa gundukan bukit yang kemudian pada suatu waktu dataran disana bergetar hebat dan terjadi ledakan hebat hingga akhirnya membuat cekungan yang berisi air dan terbentuklah sebuah danau yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan danau linting.



Akses untuk menuju tempat ini ditempuh dengan perjalanan sekitar 2jam perjalanan dari kota medan dengan menggunakan bus. Tetapi sebaiknya menggunakan mobil pribadi atau mobil rental untuk lebih menghemat waktu. Perjalanan ini berkisar 70km dan sepanjang jalan kita disuguhi oleh pemandangan perkebunan kelapa sawit, kakao dan karet yang terbentang dikiri dan kanan jalan. Pintu masuk di danau Linting ini juga di jaga dan dikenakan biaya masuk yang masih terjangkau kocek anda.



Ada satu hal yang menarik yang bisa kita jumpai disekitar Danau Linting ini. Ternyata didaerah tersebut juga terdapat Goa Tao Delapan Putri, goa Perak dan Goa Emas. Untuk memasuki wilayah ini kita juga dikenakan biaya dan jika ingin masuk kedalam goa dikenakan biaya tambahan.



Disamping itu ternyata pengelolaan objek wisata ini belumlah cukup baik dikarenakan masih banyaknya sampah yang berserakan akibat tidak tersedianya tempat sampah disana. Para penjual juga menjadi semakin banyak dan belum terkoordinasi dengan baik. Pemerintah setempat sepertinya belum memberikan perhatian yang cukup terhadap objek wisata ini. Semoga dikemudian hari Danau Linting ini semakin diberdayakan dan menjadi lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment