Saturday 2 May 2015

Manfaat Kemiri

Kemiri

Aleurites moluccana atau yang lebih dikenal seluruh masyarakat Indonesia dengan sebutan Kemiri merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang digunakan oleh sebagian besar orang untuk dijadikan bumbu pelezat makanan. Dengan aroma dan citarasanya mampu membangkitkan selera makan. Kemiri lebih cocok untuk tumbuh didaerah tropis. Disamping itu, banyak orang tidak mengetahui akan manfaat lain dari kemiri. Ternyata kemiri memiliki peranan juga dalam dunia kesehatan, zat dan vitamin yang terkandung didalamnya mampu untuk mengobati berbagai penyakit.


Zat dan vitamin yang terkandung didalam kemiri adalah zat lemak, asam minyak, palmitat,gliserida, protein, miristat, asam linoleat dan vitamin B1 zat besi, kalium, tembaga, fitosterol, seng dan selenium. Yang paling menonjol dan diketahui semua orang bahwa kemiri berguna untuk kesehatan rambut. Kemiri berfungsi untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, menebalkan rambut, menyuburkan memanjangkan rambut, menumbuhkan rambut. Menghitamkan rambut,

Manfaat kemiri bagi kesehatan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kemiri juga memiliki manfaat bagi kesehatan guna mengatasi beberapa gangguan penyakit pada tubuh, seperti :

1. Mengatasi Penyakit Diare
diare merupakan penyakit yang selalu kambuh disaat-saat yang tak diinginkan, agar diare tidak mengganggu aktivitas anda  maka sediakan 20gr kulit batang kemiri yang masih fresh, bersihkan dan tumbuk hingga menjadi halus. Llu rebuslah ramuan tadi dengan air sebanyak 699cc sampai airnya berkurang menjadi setengahnya. Setelah selesai direbus dan airnya tinggal setengah, minumlah air rebusan tadi dua kali sehari sebanyak 150cc

2. Infeksi Karena Jamur
Untuk penyakit ini adalah penyakit panu yang mampu membuat penderita penyakit tersebut menjadi minder dan merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, segera oleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi.

3. Mengobati Penyakit Disentri
Penyakit disentri adalah penyakit yang mengganggu pencernaan yang lebih sering dialami oleh anak-anak. Untuk mengobatinya cukup dengan mengambil 90gr kulit batang kemiri dan rebus dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas. tunggu air rebusan sampai hangat. minumlah air rebusan ini selagi masih hangat.

4. Digigit Serangga
Untuk menanggulangi sakit akibat digigit serangga ambillah 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Panggang kedua bahan tersebut dan tumbuk sampai halus. Setelah itu oleskanlah keseluruhan bagian tubuh yang digigit serangga tadi.

5. Mengobati Pegal-pegal dan Masuk Angin
Penyakit insomnia inipun bisa diatasi dengan dengan cukup mengoleskan minyak kemiri kebagian tubuh yang pegal dan masuk angin.

6. Mengobati Sakit Gigi
Untuk penyakit yang satu ini, ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas dan tempelkan pada gigi yang sakit. tunggu selama 10 menit, setelah itu buang kapas dan ganti dengan kapas yang baru yang telah diolesi dengan getah pohon kemiri

7. Mengobati Sariawan
Yang diperlukan untuk mengobati penyakit sariawan adalah dengan mengambil getah dari kulit kemiri dengan menggunakan kapas, tambahkan dengan sedikit santan kelapa dan oleskan pada bagian mulut yang luka akibat sariawan.

Itulah beberapa manfaat yang kesehatan yang didapatkan dari kemiri. semoga artikel ini menambah pengetahuan anda para blogger dan netter selain pada fungsinya sebagai bumbu masakan.

No comments:

Post a Comment