Friday 1 May 2015

Manfaat Tanaman Jarak Pagar



Tanaman Jarak Pagar
Tanaman yang satu ini disebut juga tanaman Jarak Pagar. Jatropha Curcas LINN adalah nama latin dari tanaman ini. Tanaman ini berasal dari daerah tropis di Meksiko, Amerika Tengah. Konon tanaman ini dibawa ke Indonesia dan di tanam diera penjajahan Jepang untuk dijadikan BBM oleh tentara Jepang. Jarak Pagar menyebar di Indonesia dan mampu hidup diberbagai musim dan dataran. Ini terbukti dengan adanya nama lokal diberbagai daerah di senluruh Indonesia. Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 3-5 meter.




Jarak Pagar tidak memerlukan tanah subur, tetapi lebih sesuai bila struktur tanahnya ringan. Tanaman ini tidak tahan dengan genangan air dan tanah yang ditanami juga harus bebas dari naungan sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jaraki Pagar ternyata hampir tidak memiliki hama dikarenakan sebagian besar tubuhnya beracun. Jarak mulai berbuah setelah berusia 5 bulan dan mencapai produktivitas penuh pada usia 5 tahun. Usia tanaman ini juga mampu mencapai 50 tahun.



Jarak Pagar mulai naik pamor sekitar Mei 2005 dikarenakan minyak nabati dari tanaman tersebut dapat diolah menjadi bahan bakar pengganti minyak bumi serta dinilai mampu untuk menjadi sumber energi alternatif, menjadi energi terbarukan atau lebih tepatnya disebut dengan BIO-Fuel. Namun, sebenarnya tanaman jarak memiliki hasiat yang tidak banyak diketahui orang, mulai dari biji, akar, daun dan minyak dari bijinya ternyata berguna untuk kesehatan.



Khasiat Tanaman Jarak Pagar Antara Lain :

  • mengobati perut kembung

Apabila bayi mengalami perut kembung akibat masuk angin, ambil beberapa daun Jarak yang tua kemudian siangi diatas nyala api biar agak layu lalu diolesi dengan minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Setelah itu tempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang dan biarkan selama beberapa jam dan akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak diperlukan dari dalam perut.


  • Obat untuk sakit gigi berlubang

Getah jarak mampu untuk mengusir bakteri karena bersifat antmikroba. Caranya ambil getah jarak dengan menggunakan kapas dan tempelkan pada gigi yang berlubang.


  • Keputihan Pada Lidah Bayi

Biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit-langit lidah bayi dan hal ini cenderung membuat bayi jadi enggan untuk menyusui. Untuk mengatasinya ambil getahnya dan oleskan pada lidah bayi. Keputihan akan keluar bersama dengan air liur dari sang bayi.


  • Susah Buang Air Besar

Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengambil 4 helai daunnya yang segar, cuci bersih kemudian kukus hingga daun layu setelah itu daun dimakan. Lakukan hal itu selama 7 hari berturut-turut sampai penyakit BABnya berkurang atau hilang.


  • Koreng, Gatal dan Jamur dan bengkak
    Panaskan minyak jarak asli setelah itu celup dengan kapas dan oleskan pada bagian kulit yang koreng, gatal, bengkak atau jamuran tadi. Dan perlu diingat bahwa minyak jarak tidak boleh tertelan dikarenakan minyak tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan.


  • Reumatik
    Ambillah daun jarak yang tua dan segar kemudian dicuci sampai bersih dan di tumbuk dalus dengan mencampurkan air secukupnya. Lumuri bagian yang rematik, bisa juga di kompres beberapa jam.


  • Obat Batuk dan Pengencer Dahak
    Ambil akar tanaman jarak, bersihkan dan rebus dengan tujuh gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Diminum pagi dan sore hari. Akar ini bisa direbus hingga tiga kali rebusan lalu baru diganti dengan akar baru.


  • Sariawan
    Patahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik, ambil getahnya dan oleskan di bibir yang sedang sariawan.


  • Mengobati Radang Telinga
    Ambillah setengah sndok makan getah jarak kemudian teteskan sebanyak 6 tetes kedalam telinga, sehari bisa dilakukan 6 kali sampai sembuh.


  • Memperbesar Alat Vital
    Untuk khasiat yang satu ini tentunya menjadi favorit bagi para pria. Caranya adalah dengan menyediakan 10 lembar daun jarak beserta batangnya dan satu buah jeruk nipis. Tumbuk hingga halus. Lakukan pemijatan terlebih dahulu terhadap alat vital dengan menggunakan minyak zaitun hingga terasa hangat. Setelah itu lakukan pemijatan dengan menggunakan ramuan yang telah ditumbuk tadi. Gunakan satu ramuan untuk 3 kali pemijatan.


  • Luka dan Pendarahan
    Untuk luka ambil 2 sendok teh minyak jarak, seperempat sendok teh belerang, satu jari kayu cendana, dan 2 sendok makan vaseline. Panaskan atau tumis dan diaduk hingga merata dan dinginkan sebentar sebelum ramuan tersebut dioleskan pada luka. Untuk luka baru berdarah atau pendarahan bisa langsung dengan menggunakan getah pohon jarak dengan cara mengoleskannya pada luka yang baru berdarah tersebut.

No comments:

Post a Comment