Ban merupakan salah satu
komponen mobil yang paling penting, ini dikarenakan bahwa ban adalah
bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Banyak hal
yang harus diperhatikan untuk merawat ban. Jika tidak kita rawat maka
lifetime ban tersebut tidak akan maksimal. Hal ini bisa saja
mengakibatkan kecelakaan dijalan raya yang menyebabkan dapat
membahayakan pengguna mobil tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut,
maka kita harus tahu apa saja yang harus lakukan untuk
perawatan ban ini.
Berikut ini adalah
beberapa cara untuk merawat ban agar tetap awet, tahan lama dalam
penggunaannya dan tentunya untuk memaksimalkan kemungkinan untuk
tidak terjadi kecelakaan dijalan raya akibat kondisi ban yang sudah
buruk.
Hal pertama yang wajib
diketahui oleh pemilik kendaraan adalah dengan memeriksa tekanan
udara pada ban. Ini sangat berpengaruh, apabila tekanan udara pada
ban kecil, maka ban akan cepat rusak dan juga itu bisa mengakibatkan
pemborosan terhadap bahan bakar. Namun apabila tekanan udara pada ban
terlalu besar, akibatnya ban akan lebih cepat robek dan ban bisa saja
meledak. Hal seperti itu justru sangat membahayakan keselamatan
pengguna kendaraan. Tekanan udara yang baik biasanya terdapat pada
bagian kendaraan yang telah di tempel atau pada manual book kendaraan
tersebut.
Rute jalan bisa
mempengaruhi tingkat keausan ban. Kendaraan yang melewati lintasan
beraspal atau lintasan lurus akan membuat tingkat keausan menjadi
lebih kecil. Namun apabila kendaraan melewati lintasan bebatuan,
berlubang dan tidak padat maka tingkat keausan ban pun akan semakin
besar. Tentunya ini tidak ingin menjadi penghalang bagi anda dalam
berkendara bukan?
Berkendaralah dengan
baik dan benar. Hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi ban apabila
cara berkendara kita buruk maka dijamin lifetime ban tidak akan
maksimal. Contohnya adalah jangan melakukan pengereman mendadak dan
jangan mengubah kecepatan dengan drastis. Perhatikan kecepatan pada
saat berbelok, karna ban akan menopang beban lebih daripada berjalan
lurus diakibatkan kecepatan dan sudut berbelok ban yang tidak sesuai.
Ada baiknya menggunakan
angin nitrogen untuk mengatasi panas pada ban saat beroperasi. Angin
Nitrogen ini berfungsi untuk menjaga suhu ban tetap normal karna
sifat nitrogen yang mempunyai titik didih yang sangat rendah sehingga
ban tidak cepat panas.
Jangan lupa untuk
melakukan balancing dan spooring secara berkala pada bengkel yang
anda percaya. Jika kondisi ban tidak seimbang, maka bisa berakibat
pada parts lain pada mobil seperti suspensi dan ball joint. Dan
jangan lupa untuk merotasi ban secara berkala untuk membuat permukaan
ban menjadi rata.
Untuk mengetahui
kebocoran pada ban, gunakan sabun agar kebocoran yang terjadi pada
ban dapat terlihat apabila ada gelembung sabun membesar. Dan jangan
lupa untuk menggunakan wheel wax atau tire cleaner untuk membersihkan
ban dan velg dari kotoran yang menempel pada ban dan siram dengan air
pada ban yang sudah dibersihkan. Setelah itu keringkan ban dan
seprotkan cairan tire care atau tire shine untuk membuat ban tetap
lembab dan terlindungi dari keretakan
Sebelum menggunakan
kendaraan, ada baiknya kita memeriksa ban dengan teliti apakah ada
kawat, paku atau benda tajam lainnya yang tertancap di ban untuk
meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan raya ketika berkendara.
Bila ditemukan benda tajam pada ban maka cabutlah dan segera bawa ban
ke bengkel tambal ban terdekat.
Boleh saja jika ingin
mengganti ban atau velg demi meningkatkan tampilan kendaraan, namun
jika ukurannya tidak sesuai dengan ukuran standar ban, maka akan
terjadi deviasi pembacaan speedometer dan hal ini juga akan
berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar pada kendaraan jika
diameter outer total ban lebih besar daripada ukuran ban/velg
standart maka pembacaan yang tertera pada speedometer sebenarnya
telah melebihi dari angka yang ditunjukkan pada jarum speedometer.
Jika ban/veg yang digunakan pada kendaraan lebih kecil daripada
ban/velg standart maka deviasi pembacaan speedometer sebenarnya
berada dibawah angka yang ditunjukkan jarum speedometer. Tapi apabila
ban/velg standar digunakan maka pembacaan speedometer yang
menunjukkan angka pada jarum adalah pembacaan sebenarnya.
Itulah beberapa tips
untuk merawat ban pada kendaraan yang dapat saya sampaikan untuk
blogger dan netter. Semoga berguna dan bermanfaat.
No comments:
Post a Comment